TENTANG IMPORT.JAVA.AWT
Grafical User Interface (GUI) adalah salah satu kemampuan
Java dalam mendukung dan manajemen antarmuka berbasis grafis. Tampilan grafis
yang akan ditampilkan terhubung dengan program serta tempat penyimpanan data.
Elemen dasar di Java untuk penciptan tampilan berbasis grafis adalah dua paket
yaitu AWT dan Swing. Abstract Windowing Toolkit (AWT), atau disebut juga
“Another Windowing Toolkit”, adalah pustaka windowing bertujuan umum dan
multiplatform serta menyediakan sejumlah kelas untuk membuat GUI di Java.
Dengan AWT, dapat membuat window, menggambar, manipulasi gambar, dan komponen
seperti Button, Scrollbar, Checkbox, TextField, dan menu pull-down.
Penggunaan komponen AWT ditandai dengan adanya instruksi
: import java.awt.*; Swing merupakan perbaikan kelemahan di AWT. Banyak kelas
swing menyediakan komponen alternatif terhadap AWT. Contohnya kelas JButton
swing menyediakan fungsionalitas lebih banyak dibanding kelas Button. Selain
itu komponen swing umumnya diawali
dengan huruf “J”, misalnya JButton, JTextField, JFrame, JLabel, JTextArea,
JPanel, dan sebagainya. Teknologi swing menggunakan dan memperluas
gagasan-gagasan AWT. Sementara, penggunaan komponen Swing ditandai dengan
adanya instruksi : import javax.swing.*;
Beberapa perbedaan AWT dan Swing, AWT merupakan komponen
heavyweight (kelas berat) sedangkan Swing lightweight (kelas ringan). Swing
memiliki lebih banyak komponen. Fasilitas Swing Look and Feel : Metal, Windows,
Motif. Komponen Swing berdasar model-view, yaitu suatu cara pengembangan
komponen dengan pemisahan penyimpanan dan penanganan data dari representasi
visual data.
Bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa
pemrograman yang umum digunakan untuk mengembangkan aplikasi basis data yang
dibuat menggunakan MySQL.
Adapun fungsinya
;
ü import javax.swing.*; merupakan
fungsi sebagai syarat penggunaan komponen yang ada dalam system java.
ü import java.awt.*; merupakan fungsi yang digunakan untuk proses
inputan dalam program java.
ü import java.awt.event.*; merupakan fungsi
import yang digunakan untuk proses deklarasi dari class event yang berisi
komponen.
bagaimana contoh programx....
BalasHapusnc conth x...
BalasHapusimport java.awt.Color;
import java.awt.Frame;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Panel;
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author NuRender
*/
public class latihan_kuis extends Panel {
latihan_kuis(){
setBackground(new Color(0,255,255));
}
@Override
public void paint(Graphics k){
k.setColor(Color.GREEN);
k.fillRect(0, 200, 590, 270);
k.setColor(Color.YELLOW);
k.fillOval(475, 15, 60, 60);
k.setColor(Color.RED);
int x[] = new int[] {5,55,110};
int y[] = new int[] {230,130,230};
k.fillPolygon(x, y, 3);
k.setColor(Color.LIGHT_GRAY);
k.fillRect(20, 230, 70, 130);
k.setColor(Color.ORANGE);
k.fillRect(55, 290, 30, 70);
k.setColor(Color.DARK_GRAY);
k.fillOval(74, 325, 7, 7);
k.setColor(Color.gray);
int a[] = new int[]{580,240,410,580};
int b[] = new int[]{200,460,460,320};
k.fillPolygon(a, b, 4);
k.setColor(Color.WHITE);
k.fillOval(70, 10, 100, 40);
k.fillOval(80, 20, 70, 45);
k.fillOval(120, 20, 70, 45);
k.fillOval(90, 5, 70, 45);
k.fillOval(70, 5, 70, 55);
k.fillOval(140, 10, 70, 45);
k.fillOval(40, 10, 70, 45);
}
public static void main(String[] args) {
Frame f2 = new Frame();
latihan_kuis F = new latihan_kuis();
f2.add(F);
f2.setSize(500,400);
f2.setVisible(true);
}
}
t kena jdi gambar,,, tes ja...:D
bagaimana cara pendeklarasiannya pada?
BalasHapuspada ap ..... ????
BalasHapuskenapa harus menggunakan import java.awt dlam program diatas..
BalasHapusit d gunkan untk inpuTAN x , bla kda pkai itU tdak bsa m.nginpuT jadix, . . . :D
BalasHapusSiiips,,
BalasHapusirie apa tujuan dari komponen Swing tu di awali dengan huruf "J"?
BalasHapusnah iya.am , msalah swing t aq kda pham . . . :)
BalasHapuscool... ;D
BalasHapusapakah bisa untuk membuat aplikasi ? info gan
BalasHapusoch tentu bisa gan..... :D
BalasHapus